RENCANA
PROGRAM PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
MAN Mamuju
Kelas / Semester :
X / Ganjil
Mata Pelajaran :
Akidah Akhlak
Topik :
Syirik dalam pandangan islam
Pertemuan Ke :
1
Alokasi Waktu ;
2 x 45 menit
Kompetensi Dasar : 3.1. Menganalisis perbuatan syirik
Indikator Pencapaian Kompetensi : 3.1.1. Siswa dapat menjelaskan
pengertian syirik
3.1.2. Siswa dapat menyebutkan contoh
perilaku syirik.
3.1.3. Siswa dapat menyimpulkan bahaya perbuatan syirik
Tujuan Pembelajaran :
Setelah mengamati, menanya, mengeksplorasi , mengasosiasi dan mengkomunikasikan
peserta didik mampu menjelaskan :
-
Pengertian pengertian syirik
-
Menyebutkan contoh perilaku
syirik
-
Menjelaskan menyimpulkan bahaya
perbuatan syirik
Materi Ajar :
Pengertian syirik
-
Macam-macam syirik
-
Contoh perilaku orang yang
berbuat syirik
-
Bahaya perbuatan syirik
-
Pendekatan, Metode dan Model
Pembelajaran :
-
Pendekatan
pembelajatan : scientific
-
Metode pembelajaran
: Ceramah, Tanya jawab, Diskusi,
-
Model pembelajaran : Cooperative
learning tipe Group Invesigation
Media Pembelajaran :
Gambar orang menyembah berhala dan
video mengaku
rasul
Alat dan Sumber Belajar :
1.
Alat : Pointer, keyboard, LCD, laptop
2.
Sumber belajar :
-
Buku pedoman mata pelajaran Akidah Akhlak MA,
Kemenag RI
-
Buku pegangan siswa mata pelajaran Akidah Akhlak
MA, Kemenag RI
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
a.
Guru mengucapkan salam dan
berdoa bersama
b.
Guru memeriksa kehadiran siswa
c.
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran
d.
Guru membagi siswa menjadi
beberapa kelompok yang heterogen dengan tugas
Klp 1 membahas tentang pengertian
syirik
Klp 2 membahas tentang macam-mavam syirik
Klp 3 Contoh perilaku orang yang
berbuat syirik
Klp 4 Bahaya perbuatan syirik
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
|
1.
Mengamati
-
Guru meminta peserta didik
mengamati / mencermati gambar orang menyembah berhala dan video film yg
berjudul “ mengaku rasul “ yang ditampilkan melalui LCD
-
Guru meminta peserta didik
mengemukakan pendapat tentang hasil pengamatan
2.
Menanya
-
Guru memberikan kesempatan
kepada peserta didik untuk mengajukan pertanyaan tentang gambardan video yang diamatinya.
-
Guru memberikan kesempatan
kepada peserta didik untuk menanggapi pertanyaan dari siswa lain
3.
Mengeksplorasi/ mencari sumber
lain
-
Setiap kelompok mencari materi tentang pengertian syirik, macam-macam
syirik, contoh perilaku orang yang berbuat syirik dan bahaya perbuatan syirik
melalui berbagai literature buku.
-
Setiap kelompok
mendiskusikandalam kelompoknya hasil informasi yang telah diperoleh melalui
berbagai literatur
4.
Mengasosiasikan
Setiap kelompok mendiskusikan
ulang hasil informasi untuk merumuskan
tentang materi tentang pengertian
syirik, macam-macam syirik, contoh perilaku orang yang berbuat syirik dan
bahaya perbuatan syirik
5.
Mengkomunikasikan
-
Setiap kelompok
mempresentasikan secara bergantian mengenai
kesimpulan berdasarkan hasil temuan tentang materi tentang pengertian syirik, macam-macam
syirik, contoh perilaku orang yang berbuat syirik dan bahaya perbuatan syirik
Setiap kelompok menanggapi hasil
pemaparan dari kelompok lain.
-
Guru memberikan penguatan
terhadap materi yang telah dipresentasikan
|
60
|
Penutup
|
1. Siswa dibimbing oleh guru untuk menyimpulkan materi
2. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang materi yang sudah dibahas
3. Guru memberikan tugas untuk mencari dari berbagai sumber cara
menghindari perbuatan syirik secara perorangan
4. Guru menyampaikan materi
untuk pertemuan berikutnya
5. Guru menutup pembelajaran dengan doa dan salam.
|
20
|
Lampiran :
Penilaian proses dan penilaian hasil
1.
Penilaian Hasil
No
|
Indikator
|
Penilaian
|
||
Tekhnik
|
Bentuk
|
Contoh Instrumen
|
||
1.
|
Menjelaskan
pengertian syirik
|
Tes tertulius
|
uraian
|
Jelaskan
pengertian syirik
|
2.
|
Mendeskripsikan
macam-macam syirik
|
Deskripsikanlah
macam-macam syirik
|
||
3.
|
Menyimpulkan bahaya
perbuatan syirik
|
Tuliskanlah 3 bahaya
perbuatan syirik
|
Pedoman
penilaian :
Nilai
yang diperoleh
Nilai
maksimum X 100
Makassar, 2014
Guru Bidang Studi
Andi Kurnia Muin
Nip : 19821101 200604 2 002
|
Mengetahui
Kepala madrasah
|
Lampiran :
1.
Lembar pengamatan ( penilaian Proses )
NO
|
Nama
Siswa
|
Aspek yang diamati
|
Skor
Penilaian
|
Nilai
|
|||
Kreativitas
|
Kerjasama
|
toleransi
|
Tenggang
rasa
|
||||
1
|
Adam
|
4
|
5
|
5
|
5
|
19
|
95
|
2
|
Idris
|
3
|
4
|
4
|
4
|
15
|
75
|
3
|
Nuh
|
3
|
4
|
3
|
5
|
15
|
75
|
Keterangan:
Skala penilaian sikap dibuat dengan
rentang antara 1 – 5
1 =
Sangat kurang
2 = Kurang konsisten
3 =
Mulai meningkat
4 = Konsisten
5 = Selalu konsisten
Skor Nilai = Jumlah skor perolehan
Jumlah skor maksimal x 100
Keterangan Nilai akhir dari peilaian sikap
Nilai 89
-100 = A Amat Baik
79
– 89 = B Baik
69 – 79 = C Cukup
59 - 69 = D
Kurang
< 59 = E Amat Kurang
2.
Lembar kerja dan Kunci lembar kerja
NO
|
Soal Lembar Kerja
|
Kunci Lembar Kerja
|
1
|
Jelaskan pengertian syirik
|
Menurut istilah Syirik adalah perbuatan,
anggapan atau itikad menyekutukan Allah Swt.
dengan yang lain, seakan-akan ada yang maha
kuasa
di samping Allah Swt.
Syirik ini
bisa mengeluarkan pelakunya dari agama islam dan menjadikannya kekal di dalam
nereaka
|
2
|
Deskripsikan macam-macam syirik
|
Syirik besar ada 4
macam
1.
Syirik doa= disamping dia
berdoa kepada Allah, ia juga berdoa kepada selain Allah
2.
Syirik Niat/keinginan dan
tujuan=beramal / menunjukkan suatu ibadah untuk selain Allah,
3.
Syirik ketaatan=menaati
kepada selain allah ,dalam hal maksiat kepada Allah
4.
Syirik mahabbah (kecintaan)= seorang
hamba mencintai makhluk seperti mencintai Allah
Syirik Kecil :
1. Syirik zahir (nyata) : Syirik kecil yang dalam bentuk ucapan dan
perbuatan
2. Syirik Khafi ( tersembunyi ): yaitu syirik dalam hal keinginan dan
niat, seperti riya’ dan sum’ah (ingin didengar orang)
|
3.
|
Tuliskan 3 bahaya perbuatan syirik
|
1. Amalan saleh yang sudah dikerjakan oleh orang-orang yang berbuat
syirik lenyap dan sia-sia.
2. Orang-orang musyrik benar-benar melakukan kezaliman yang besar.
3. Akan masuk kedalam neraka jahannam
|
|
|
|
Makassar
Guru mata pelajaran
Andi Kurnia Muin
Lembar pengamatan ( penilaian Proses )
NO
|
Nama
Siswa
|
Aspek yang diamati
|
Skor
Penilaian
|
Nilai
|
|||
Kreativitas
|
Kerjasama
|
toleransi
|
Tenggang
rasa
|
||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
Skala penilaian sikap dibuat dengan
rentang antara 1 – 5
1 =
Sangat kurang
2 = Kurang konsisten
3 =
Mulai meningkat
4 = Konsisten
5 = Selalu konsisten
Skor Nilai = Jumlah skor perolehan
Jumlah skor maksimal x 100
Keterangan Nilai akhir dari peilaian sikap
Nilai 89
-100 = A Amat Baik
79 – 89 = B Baik
69 – 79 = C Cukup
59 - 69 = D
Kurang
< 59 = E Amat Kurang
Makassar
Guru mata pelajaran
Andi Kurnia Muin
ABSENSI SISWA
NO
|
NAMA SISWA
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Makassar
Guru mata pelajaran
Andi Kurnia Muin
Tidak ada komentar:
Posting Komentar