RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : MAN Mamuju
Kelas / Semester : X / Ganjil
Mata Pelajaran : Akidah Akhlak
Topik :
Hakikat Tauhid
Pertemuan Ke : 4 - 6
Alokasi Waktu ; 4 x 45 menit ( 2
kali pertemuan )
Kompetensi Dasar : 3.2. Memahami konsep tauhid dalam islam
Indikator
Pencapaian Kompetensi :
3.2.1. Siswa dapat menjelaskan pengertian tauhid
3.2.2. Siswa dapat menyebutkan nama-nama ilmu
tauhid
3.2.3. Siswa dapat menjelaskan ruang
lingkup tauhid
3.2.4. Siswa dapat menyebutkan
macam-macam tauhid
3.2.5. Siswa dapat menjelaskan makna
kalimat tauhid
3.2.6.Siswa dapat menyebutkan hikmah dan
manfaatn bertauhid
3.2.7. Siswa dapat menjelaskan bahaya
perilaku tidak bertauhid
Tujuan Pembelajaran :
Setelah mengamati, menanya, mengeksplorasi , mengasosiasi dan mengkomunikasikan
peserta didik mampu :
. -
Menjelaskan pengertian tauhid
- Menyebutkan nama-nama ilmu tauhid
- Menjelaskan ruang lingkup tauhid
- Menyebutkan macam-macam tauhid
- Menjelaskan makna kalimat tauhid
- Menyebutkan Hikmah dan manfaat
bertauhid
- Menjelaskan bahaya perilaku tidak bertauhid
Materi Ajar :
-
Pengertian tauhid
-
Nama-nama ilmu tauhid
-
Ruang lingkup tauhid
-
Macam-macam tauhid
-
Memahami makna kalimat tauhid
-
HIkmah dan manfaat bertauhid
-
Bahaya tidak bertauhid
Pendekatan, Metode dan Model Pembelajaran :
-
Pendekatan
pembelajatan : scientific
-
Metode pembelajaran
: CPTT ( ceramah plus Tanya jawab
dan tugas) dan, discussion method
-
Model
pembelajaran : Cooperative learning tipe direct instruction dan group infestigation
Media Pembelajaran : Gambar orang menyembah
berhala, orang sholat dan ayat Al Qur’an surah al ikhlas ayat 1-4
Alat dan Sumber Belajar :
1.
Alat : Pointer, keyboard, LCD, laptop
2.
Sumber belajar :
-
Buku pedoman mata pelajaran Akidah Akhlak MA,
Kemenag RI
-
Buku
pegangan siswa mata pelajaran Akidah Akhlak MA, Kemenag RI
-
Buku Aqidah, Dirjen pendis Depag RI
Kegiatan Pembelajaran :
Pertemuan ke 4
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
a.
Guru mengucapkan salam dan berdoa
bersama
b.
Guru
memeriksa kehadiran siswa
c.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
d.
Guru Mengajukan pertanyaan secara
komunikatif materi sebelumnya dan mengaitkan dengan materi tauhid.
e.
Menyiapkan media pembelajaran
|
10
menit
|
Kegiatan
Inti
|
1.
Mengamati
-
Guru meminta peserta didik mengamati /
mencermati gambar orang menyembah berhala dan orang sjolat “ yang ditampilkan
melalui LCD
-
Guru meminta peserta didik mengemukakan
pendapat tentang hasil pengamatan
-
Guru memberi penguatan terhadap
pendapat siswa
-
Guru meminta kembali siswa untuk
menyimak QS.Alikhlas ayat 1-4
2.
Menanya
-
Guru memberikan kesempatan kepada
peserta didik untuk mengajukan pertanyaan tentang gambar dan ayat al qur’an
(QS.Al Ikhlas :1-4) yang diamatinya.
-
Guru memberikan kesempatan kepada
peserta didik untuk menanggapi pertanyaan dari siswa lain
3.
Mengeksplorasi
-
Guru membagi siswa menjadi 6 kelompok
-
Setiap kelompok mencari materi
tentang pengertian tauhid, nama-nama tauhid, ruang lingkup tauhid, melalui berbagai literature buku.
-
Setiap kelompok mendiskusikan dalam
kelompoknya hasil informasi yang telah diperoleh melalui berbagai literatur
4.
Mengasosiasikan
5.
Setiap kelompok mendiskusikan
ulang hasil informasi untuk merumuskan
tentang materi tentang pengertian
tauhid, nama-nama tauhid, ruang lingkup tauhid, Mengkomunikasikan
-
Setiap kelompok mempresentasikan secara
bergantian mengenai kesimpulan
berdasarkan hasil temuan tentang materi
pengertian tauhid, nama-nama tauhid, ruang lingkup tauhid, Setiap kelompok menanggapi hasil pemaparan dari kelompok lain.
-
Guru memberikan penguatan terhadap
materi yang telah dipresentasikan
|
60
|
Penutup
|
1.
Siswa dibimbing oleh guru untuk
menyimpulkan materi
2.
Guru memberikan kesempatan kepada siswa
untuk bertanya tentang materi yang
sudah dibahas
3.
Guru memberikan tugas untuk mencari
macam- macam tauhid, makna kalimat tauhid, hikmah dan manfaat bertauhid,
bahaya perilaku bertauhid secara
perkelompok.
4.
Guru menyampaikan materi untuk pertemuan berikutnya
5.
Guru menutup pembelajaran dengan doa dan
salam.
|
20
|
Pertemuan ke 5
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
a.
Guru mengucapkan salam dan berdoa
bersama
b.
Guru
memeriksa kehadiran siswa
c.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
d.
Guru Mengajukan pertanyaan secara
komunikatif materi sebelumnya.
e.
Guru memeriksa kesiapan materi
yang telah ditugaskan sebelumnya
f.
Menyiapkan media pembelajaran
|
``
|
`
|
a.
Mengamati
-
Guru meminta peserta didik mengamati materi
macam- macam tauhid, makna kalimat tauhid, hikmah dan manfaat bertauhid,
bahaya perilaku bertauhid yang telah dikerjakan dirumah
-
Guru meminta peserta didik mengemukakan
pendapat tentang hasil pengamatan
-
Guru memberi penguatan terhadap
pendapat siswa
b.
Menanya
-
Guru memberikan kesempatan kepada
peserta didik untuk mengajukan pertanyaan tentang materi macam- macam tauhid,
makna kalimat tauhid, hikmah dan manfaat bertauhid, bahaya perilaku bertauhid yang diamatinya.
-
Guru memberikan kesempatan kepada
peserta didik untuk menanggapi pertanyaan dari siswa lain
c.
Mengeksplorasi
-
Guru membagi siswa menjadi 6 kelompok
-
Setiap kelompok mencari materi
tentang macam- macam tauhid, makna kalimat tauhid, hikmah dan manfaat
bertauhid, bahaya perilaku bertauhid berbagai literature buku.
-
Setiap kelompok mendiskusikan dalam
kelompoknya hasil informasi yang telah diperoleh melalui berbagai literatur
d.
Mengasosiasikan
Setiap kelompok mendiskusikan
ulang hasil informasi untuk merumuskan
tentang materi tentang macam- macam
tauhid, makna kalimat tauhid, hikmah dan manfaat bertauhid, bahaya perilaku
bertauhid
e.
Mengkomunikasikan
-
Setiap kelompok mempresentasikan secara
bergantian mengenai kesimpulan
berdasarkan hasil temuan tentang materi
macam- macam tauhid, makna kalimat tauhid, hikmah dan manfaat
bertauhid, bahaya perilaku bertauhid
Setiap kelompok menanggapi hasil
pemaparan dari kelompok lain.
-
Guru memberikan penguatan terhadap
materi yang telah dipresentasikan
|
`
|
Penutup
|
1.
Siswa dibimbing oleh guru untuk
menyimpulkan materi
2.
Guru memberikan kesempatan kepada siswa
untuk bertanya tentang materi yang
sudah dibahas
3.
Guru memberikan tugas untuk mencari
macam- macam tauhid, makna kalimat tauhid, hikmah dan manfaat bertauhid,
bahaya perilaku bertauhid secara
perkelompok.
4.
Guru menyampaikan materi untuk pertemuan berikutnya
5.
Guru menutup pembelajaran dengan doa
dan salam.
|
20
|
Pertemuan ke 6
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
a.
Guru mengucapkan salam dan berdoa
bersama
b.
Guru
memeriksa kehadiran siswa
c.
Guru menyampaikan kegiatan pembelajaran
d.
Guru menyampaikan tata tertib dalam
ulangan harian
|
10
menit
|
Kegiatan
Inti
|
-
Guru membagi siswa menjadi dua
kelompok.
-
Kelompok 1 dipersilahkan menempati
kursi dalam kelas dengan jarak yang tidak terlalu berdekatan
-
Guru membagikan soal ulangan harian
sebanyak 5 soal
-
Guru memberikan kiesempatan kepada
siswa dalam kelompok 1 untuk menjawab dengan alokasi waktu 30 menit
-
Setelah waktu pengerjaan soal selesai,
guru mempersilahkan siswa pada kelompok 1 untuk mengumpulkan lembar jawaban
dan lembar soal, kemudian mempersilahkan siswa dalam kelompok 2 untuk
memasuki ruangan ujian dengan mengikuti peraturan seperti yang ditetapkan
untuk kelompok satu.
-
Guru membagikan lembar soal dengan
instrument yang berbeda dari kelompok Saturda
-
Guru memberikan kesempatan kepada siswa
pada kelompok 2 untuk mengerjakan soal dengan alokasi waktu 30 menit.
-
Setelah waktu pengerjaan soal selesai,
guru mempersilahkan siswa pada kelompok 1 untuk mengumpulkan lembar jawaban
dan lembar soal,
-
Seluruh siswa kembali masuk kedalam
kelas
|
70
|
Penutup
|
1.
Guru menyampaikan materi untuk pertemuan berikutnya
2.
Guru menutup pembelajaran dengan doa
dan salam.
|
10
|
Mengetahui
Kepala MAN Mamuju
Dra. Wahdiah
NIP.19671231 1994012002
|
|
Mamuju, 11 Juni 2014
Guru Bidang Studi
Hj.Andi Kurnia Muin,S.Pd.I
NIP.19821101 200604 2002
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar