Rabu, 29 Oktober 2014

Rencana Program Pembelajaran ( RPP ) MA Kulikulum 2013



RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan                                           :   MAN Mamuju
Kelas / Semester                                              :   X / Ganjil
Mata Pelajaran                                                 :   Akidah Akhlak
Topik                                                                 :   Induk –induk akhlak tercela
Pertemuan Ke                                                  :   12-14
Alokasi Waktu                                                  ;   6  x 45 menit

Kompetensi Dasar                                            :  3.5. Menganalisis induk-induk akhlak tercela
                                                                             4.5. Menunjukkan contoh akhlak tercela.
Indikator  Pencapaian Kompetensi                  :
 3.5.1. Siswa dapat menjelaskan pengertian hubbuddun-ya
                                                                         3.5.2. Siswa dapat menyebutkan cirri-ciri hubbuddun-ya
 3.5.3. Siswa menyimpulkan bahaya hubbuddun-ya
 3.5.4. Siswa dapat menjelaskan cara menghindari hubbuddunya
 3.5.5.Siswa dapat menjelaskan pengertian hasad,takabbur/ujub dan riya
 3.5.6.Siswa dapat menyebutkan bahaya sikap hasad, takabur/ujub dan riya’.
 3.5.7. Siswa dapat menjlaskan cara mengobati/menanggulangi penyakit hasad, takabur/ujub dan riya’.
 4.5.1 Siswa dapat memaparkan contoh-contoh dari perilaku tercela.
Tujuan Pembelajaran                                      :    Setelah mengamati, menanya, mengeksplorasi , mengasosiasi dan mengkomunikasikan peserta didik mampu:
-  menjelaskan pengertian hubbuddun-ya
   -  menyebutkan cirri-ciri hubbuddun-ya
                                                                            - menyimpulkan bahaya hubbuddun-ya
-  menjelaskan cara menghindari hubbuddunya
 - menjelaskan pengertian  hasad,takabbur/ujub dan riya
 - menyebutkan bahaya sikap hasad, takabur/ujub dan riya’.
 - menjlaskan cara engobati/menanggulangi penyakit hasad, takabur/ujub dan riya’.
- memaparkan contoh-contoh dari perilaku tercela.
Materi  Ajar                                                       :
-     Pengertian hubbuddun-ya
-     Hasad
-     Takabur/ujub
-     Riya’
-      
Pendekatan, Metode dan Model Pembelajaran         :
-        Pendekatan  pembelajatan    :  scientific
-       Metode pembelajaran          :  Ceramah, Tanya jawab,  Diskusi,
-       Model  pembelajaran            : Student teams achievement divisions (STAD)
Media Pembelajaran                                        :     Gambar Pencuri

Alat dan Sumber Belajar                                  :
1.    Alat                                                       :      Laptop, pointer,LCD
2.    Sumber belajar                                     :
-        Buku pedoman mata pelajaran Akidah Akhlak MA, Kemenag RI
-       Buku  pegangan siswa mata pelajaran Akidah Akhlak MA, Kemenag RI
-       Buku akidah akhlak KTSP
-       Al Qur’an dan terjemahnya
-       Internet
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 12                                                   :
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuluan
a.    Guru mengucapkan salam dan berdoa bersama
b.    Guru  memeriksa kehadiran siswa
c.    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran

10 menit
Kegiatan Inti
1.    Mengamati
-          Guru meminta peserta didik mengamati / mencermati gambar pencuri  yang ditampilkan melalui LCD
-          Guru memberikan pengantar mengenai akhlak tercela dan siswa menyimak
2.    Menanya
-          Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengajukan pertanyaan atau komentar tentang gambar  yang diamatinya.
-          Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menanggapi pertanyaan dari siswa lain
-          Guru memberikan tanggapan atas pertanyaan dan tanggapan dari siswa
3.    Mengeksplorasi
-          Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok yang heterogen .
-          Setiap kelompok mencari  materi tentang hubbuddun-nya , hasad, takabur/ujub, riya’ berbagai literature buku atau internet.
-          Anggota kelompok yang sudah mengerti dapat menjelaskan kepada anggota lain sampai mengerti
4.    Mengasosiasikan
-          Setiap kelompok mendiskusikan ulang  hasil informasi untuk merumuskan tentang pengertia akidah, macam-macam dalil  dalam  akidah dan tujuan akidah.
-          Setiap kelompok menganalisis hasil temuannya berkaitan dengan hubbuddun-nya , hasad, takabur/ujub, riya’
5.    Mengkomunikasikan
-          Setiap kelompok mempresentasikan hasil temuannya.
-          Guru memberikan kuis / pertanyaan kepada seluruh siswa.
-          Siswa tidak boleh membantu siswa lain yang sedang mendapat pertanyaan.

60
Penutup
1.    Siswa dibimbing oleh guru untuk menyimpulkan materi
2.    Guru menyampaikan materi  untuk pertemuan berikutnya
3.    Guru menutup pembelajaran dengan doa dan salam.
20

Pertemuan ke-13

Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuluan
a.    Guru mengucapkan salam dan berdoa bersama
b.    Guru  memeriksa kehadiran siswa
c.    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran

10 menit
Kegiatan Inti
a.    Mengamati
-          Guru meminta peserta didik mengamati materi tentang hubbuddunya yang telah disusun sebelumnya
-          Guru meminta peserta didik mengemukakan pendapat tentang hasil  pengamatan
b.    Menanya
-          Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengajukan pertanyaan tentang bacaan yang diamatinya.
-          Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menanggapi pertanyaan dari siswa lain
c.    Mengeksplorasi
-          Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok yang heterogen .
-          Setiap kelompok mencari  materi tentang ciri-ciri hubbuddun-ya, bahaya hasad, bahaya takabur dan bahaya riya’melalui berbagai  literature buku dan dari internet.
-          Setiap kelompok mendiskusikan dalam kelompoknya hasil informasi yang telah diperoleh melalui berbagai literatur
d.    Mengasosiasikan
-          Setiap kelompok mendiskusikan ulang  hasil informasi untuk merumuskan tentang ciri-ciri hubbuddun-ya, bahaya hasad, bahaya takabur dan bahaya riya’
-          Setiap kelompok menganalisis hasil temuannya berkaitan tenang tentang ciri-ciri hubbuddun-ya, bahaya hasad, bahaya takabur dan bahaya riya’
e.    Mengkomunikasikan
-          Setiap kelompok mempresentasikan secara bergantian mengenai  kesimpulan berdasarkan hasil temuan tentang tentang ciri-ciri hubbuddun-ya, bahaya hasad, bahaya takabur dan bahaya riya’
-          Setiap kelompok menanggapi hasil  pemaparan dari kelompok lain.
-          Guru memberikan penguatan terhadap materi yg telah dipresentasikan

60
Penutup
1.    Siswa dibimbing oleh guru untuk menyimpulkan materi
2.    Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk  bertanya tentang materi yang sudah dibahas
3.    Guru menyampaikan materi  untuk pertemuan berikutnya ( ulangan harian )
4.    Guru menutup pembelajaran dengan doa dan salam.
20


Pertemuan ke 14

Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuluan
a.    Guru mengucapkan salam dan berdoa bersama
b.    Guru  memeriksa kehadiran siswa
c.    Guru menyampaikan kegiatan pembelajaran
d.    Guru menyampaikan tata tertib dalam ulangan harian

10 menit
Kegiatan Inti
-          Guru membagikan soal ulangan harian yang berisi   10 nomor  soal
-          Guru memberikan kiesempatan kepada siswa untuk menuliskan jawaban dengan alokasi waktu 60 menit
-          Jika dalam waktu yang ditentukan ada siswa yang telah selesai mengerjakan tugas maka siswa tersebut boleh keluar kelas dengan menyerahkan lembar soal dan jawaban kepada guru
-          Guru mengingatkan waktu pengerjaan soal
-          Masing-masing siswa mengumpulkan lembar jawaban dan lembar soal kepada guru.
-          Siswa dipersilahkan masuk kembali kedalam kelas.
70



Penutup
1.    Guru menyampaikan materi  untuk pertemuan berikutnya
2.    Guru menutup pembelajaran dengan doa dan salam.
10




Mengetahui
Kepala MAN Mamuju



Dra. Wahdiah
NIP.19671231 1994012002

Mamuju, 11 juli 2014
Guru Bidang Studi



Hj.Andi Kurnia Muin,S.Pd.I
NIP.19821101 200604 2002


























Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SEOLAH AMNESIA

Pernah, dia menulis banyak hal Pernah, begitu mudah baginya menemukan ispirasi  untuk menuliskan hal yang positif Saat ini  Tak akan pernah ...