Rabu, 29 Oktober 2014

Rencana Program Pembelajara Aqidah Akhlak Madrasah Aliyah (MA) Kurikulum 2013



RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan                                           :   MAN Mamuju
Kelas / Semester                                              :   X / Ganjil
Mata Pelajaran                                                 :   Akidah Akhlak
Topik                                                                 :   Akidah Islam
Pertemuan Ke                                                  :   1-3
Alokasi Waktu                                                  ;   4 x 45 menit

Kompetensi Dasar                                            :  1.1. Meyakini Kesempurnaan akidah islam dan  metode  peningkatan kualitas akidah
Indikator  Pencapaian Kompetensi                  :
 3.1.1. Siswa dapat menjelaskan pengertian akidah
                                                                         3.1.2. Siswa dapat menyebutkan macam-macam  dalil dalam akidah
 3.1.3. Siswa dapat menjelaskan tujuan akidah  islam
 3.1.4. Siswa dapat menyebutkan metode-metode peningkatan akidah islam.
 3.1.5 Siswa dapat menjelaskan prinsip-prinsip Akidah.
 3.1.6.Siswa dapat memaparkan contoh praktik metode peningkatan kualitas akidah.
Tujuan Pembelajaran                                      :    Setelah mengamati, menanya, mengeksplorasi , mengasosiasi dan mengkomunikasikan peserta didik mampu:
-    Menjelaskan Pengertian akidah islam
-    Menyebutkan macam-macam dalil dalam akidah
-    Menjelaskan tujuan akidah
-    Menjelaskan metode-metode peningkatan kualitas akidah.
-    Menjelaskan prinsip-prinsip akidah
-    Memaparkan contoh praktik metode peningkatan kualitas akidah
Materi  Ajar                                                       : -   Pengertian AKidah
-    Dalil/ Argumentasi dalam akidah
-    Tujuan Akidah Islam
-    Metode-metode peningkatan Akidah Islam
-    Prinsip-prinsip aklidah islam
Pendekatan, Metode dan Model Pembelajaran         :
-        Pendekatan  pembelajatan    :  scientific
-       Metode pembelajaran          :  Ceramah, Tanya jawab,  Diskusi,
-       Model  pembelajaran            : Direct instruction  dan  Group Invesigation,
Media Pembelajaran                                        :     Gambar

Alat dan Sumber Belajar                                  :
1.    Alat                                                       :      Laptop, pointer,LCD
2.    Sumber belajar                                     :
-        Buku pedoman mata pelajaran Akidah Akhlak MA, Kemenag RI
-       Buku  pegangan siswa mata pelajaran Akidah Akhlak MA, Kemenag RI
-       Buku akidah akhlak KTSP
-       Internet

Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama                                         :
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuluan
a.    Guru mengucapkan salam dan berdoa bersama
b.    Guru  memeriksa kehadiran siswa
c.    Guru  menyapa peserta didik  dengan memperkenalkan diri
d.    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran

10 menit
Kegiatan Inti
1.    Mengamati
-          Guru meminta peserta didik mengamati / mencermati gambar orang shalat yang ditampilkan melalui LCD
-          Guru meminta peserta didik mengemukakan pendapat tentang hasil  pengamatan
2.    Menanya
-          Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengajukan pertanyaan tentang gambardan video  yang diamatinya.
-          Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menanggapi pertanyaan dari siswa lain
3.    Mengeksplorasi
-          Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok yang heterogen .
-          Setiap kelompok mencari  materi tentang pengertian akidah, macam-macam dalil tentang akidah dan tujuan-tujuan akidah melalui berbagai literature buku.
-          Setiap kelompok mendiskusikandalam kelompoknya hasil informasi yang telah diperoleh melalui berbagai literatur
4.    Mengasosiasikan
-          Setiap kelompok mendiskusikan ulang  hasil informasi untuk merumuskan tentang pengertia akidah, macam-macam dalil  dalam  akidah dan tujuan akidah.
-          Setiap kelompok menganalisis hasil temuannya berkaitan tenang pengertian akidah,  macam-macam dalil tentang akidah dan tujuan akidah islam
5.    Mengkomunikasikan
-          Setiap kelompok mempresentasikan secara bergantian mengenai  kesimpulan berdasarkan hasil temuan tentang pengertian akidah, macam-macam dalil tentang akidah dan tujuan akidah.
-          Setiap kelompok menanggapi hasil  pemaparan dari kelompok lain.
-          Guru memberikan penguatan terhadap materi yg telah dipresentasikan

60
Penutup
1.    Siswa dibimbing oleh guru untuk menyimpulkan materi
2.    Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk  bertanya tentang materi yang sudah dibahas
3.    Guru memberikan tugas untuk mencari dalil naqli tentang akidah
4.    Guru menyampaikan materi  untuk pertemuan berikutnya
5.    Guru menutup pembelajaran dengan doa dan salam.
20
Pertemuan ke-2
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuluan
a.    Guru mengucapkan salam dan berdoa bersama
b.    Guru  memeriksa kehadiran siswa
c.    Guru meminta satu orang siswa untuk mengumpulkan tugas yang diberikan pada pertemuan sebelumnya
d.    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran

10 menit
Kegiatan Inti
a.    Mengamati
-          Guru meminta peserta didik mengamati materi tentang metode peningkatan akidah islam yang ada di buku siswa
-          Guru meminta peserta didik mengemukakan pendapat tentang hasil  pengamatan
b.    Menanya
-          Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengajukan pertanyaan tentang bacaan yang diamatinya.
-          Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menanggapi pertanyaan dari siswa lain
c.    Mengeksplorasi
-          Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok yang heterogen .
-          Setiap kelompok mencari  materi tentang metode peningkatan kualitas akidah dan prinsip-prinsip akidah melalui berbagai literature buku.
-          Setiap kelompok mendiskusikan dalam kelompoknya hasil informasi yang telah diperoleh melalui berbagai literatur
d.    Mengasosiasikan
-          Setiap kelompok mendiskusikan ulang  hasil informasi untuk merumuskan tentang metode-metode peningkatan kualitas akidah dan prinsip-prinsip akidah.
-          Setiap kelompok menganalisis hasil temuannya berkaitan tenang tentang metode-metode peningkatan kualitas akidah dan prinsip-prinsip akidah.
e.    Mengkomunikasikan
-          Setiap kelompok mempresentasikan secara bergantian mengenai  kesimpulan berdasarkan hasil temuan tentang tentang metode-metode peningkatan kualitas akidah dan prinsip-prinsip akidah.
-          Setiap kelompok menanggapi hasil  pemaparan dari kelompok lain.
-          Guru memberikan penguatan terhadap materi yg telah dipresentasikan

60
Penutup
1.    Siswa dibimbing oleh guru untuk menyimpulkan materi
2.    Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk  bertanya tentang materi yang sudah dibahas
3.    Guru menyampaikan materi  untuk pertemuan berikutnya ( ulangan harian )
4.    Guru menutup pembelajaran dengan doa dan salam.
20
Pertemuan ke 3
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuluan
a.    Guru mengucapkan salam dan berdoa bersama
b.    Guru  memeriksa kehadiran siswa
c.    Guru menyampaikan kegiatan pembelajaran
d.    Guru menyampaikan tata tertib dalam ulangan harian

10 menit
Kegiatan Inti
-          Guru membagi siswa menjadi dua kelompok.
-          Kelompok 1 dipersilahkan menempati kursi dalam kelas dengan jarak yang tidak terlalu berdekatan
-          Guru membagikan soal ulangan harian sebanyak  5 soal
-          Guru memberikan kiesempatan kepada siswa dalam kelompok 1 untuk menjawab dengan alokasi waktu 30 menit
-          Setelah waktu pengerjaan soal selesai, guru mempersilahkan siswa pada kelompok 1 untuk mengumpulkan lembar jawaban dan lembar soal, kemudian mempersilahkan siswa dalam kelompok 2 untuk memasuki ruangan ujian dengan mengikuti peraturan seperti yang ditetapkan untuk kelompok satu.
-          Guru membagikan lembar soal dengan instrument yang berbeda dari kelompok Saturda
-          Guru memberikan kesempatan kepada siswa pada kelompok 2 untuk mengerjakan soal dengan alokasi waktu 30 menit.
-          Setelah waktu pengerjaan soal selesai, guru mempersilahkan siswa pada kelompok 1 untuk mengumpulkan lembar jawaban dan lembar soal,
-          Seluruh siswa kembali masuk kedalam kelas
70
Penutup
1.    Guru menyampaikan materi  untuk pertemuan berikutnya
2.    Guru menutup pembelajaran dengan doa dan salam.
10



Mengetahui
Kepala MAN Mamuju



Dra. Wahdiah
NIP.19671231 1994012002

Mamuju, 11 Juni 2014
Guru Bidang Studi



Hj.Andi Kurnia Muin,S.Pd.I
NIP.19821101 200604 2002



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SEOLAH AMNESIA

Pernah, dia menulis banyak hal Pernah, begitu mudah baginya menemukan ispirasi  untuk menuliskan hal yang positif Saat ini  Tak akan pernah ...