Rabu, 29 Oktober 2014

Pencana program pembelajaran Aqidah Akhlak MA kurikulum 2013



RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan                                                               :   MAN Mamuju
Kelas / Semester                                                                   :   X / Ganjil
Mata Pelajaran                                                                      :   Akidah Akhlak
Topik                                                                                        :   Hakikat Akhlak
Pertemuan Ke                                                                        :   7-8
Alokasi Waktu                                                                        ;   4 x 45 menit

Kompetensi Dasar                                                                :  3.3. Memahami akhlak islam dan metode peningkatan kualitasnya
                                                                                                     4.3. Mempraktikkan metode-metode kualitas akhlak dalam islam      
Indikator  Pencapaian Kompetensi                                   :
 3.3.1. Siswa dapat menjelaskan pengertian akhlak
                                                                                                   3.3.2. Siswa dapat menyebutkan macam-macam  akhlak
 3.3.3. Siswa dapat membandingkan persamaan antara akhlak, etika, moral dan budi pekerti
 3.3.4. Siswa dapat menyebutkan metode-metode peningkatan kualitas akhlak
 3.3.5 Siswa dapat menjelaskan penerapan peningkatan kualitas akhlak
 4.3.1.Siswa dapat memaparkan contoh cara meningkatkan kualitas akhlak dalam islam.
Tujuan Pembelajaran                                                        :    Setelah mengamati, menanya, mengeksplorasi , mengasosiasi dan mengkomunikasikan peserta didik mampu:
-    Menjelaskan Pengertian akhlak
-    Menyebutkan macam-macam akhlak
-    Membandingkan persamaan antara akhlak, etika, moral dan budi pekerti
-    menyebutkan metode-metode peningkatan kualitas akhlak
-    menjelaskan penerapan peningkatan kualitas akhlak
-    memaparkan contoh cara meningkatkan kualitas akhlak dalam islam.
Materi  Ajar                                                                             : -   Pengertian akhlak
-       Macam-macam akhlak
-       Persamaan antara akhlak, etika,moral dan budi pekerti.
-       Cara meningkatkan kualitas akhlak
-       Penerapan peningkatan kualitas akhlak
Pendekatan, Metode dan Model Pembelajaran             :
-        Pendekatan  pembelajatan          :  scientific
-       Metode pembelajaran                   :  Preaching method,discussion method, demonstration method
-       Model  pembelajaran                    : word square , group infestigation.
-       Media Pembelajaran                :     Gambar, ringkasan materi, kertas kotak
Alat dan Sumber Belajar                                                     :
1.     Alat                                                                           :      Laptop, pointer,LCD,
2.     Sumber belajar                                                      :
-        Buku pedoman mata pelajaran Akidah Akhlak MA, Kemenag RI
-       Buku  pegangan siswa mata pelajaran Akidah Akhlak MA, Kemenag RI
-       Buku akidah akhlak KTSP
-       Internet

Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan ke-7                                                                     :
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuluan
a.     Guru mengucapkan salam dan berdoa bersama
b.     Guru  memeriksa kehadiran siswa
c.     Guru menyampaikan tujuan pembelajaran

10 menit
Kegiatan Inti
1.     Mengamati
-          Guru meminta peserta didik mengamati / mencermati gambar warga miskin yang menyerbu  pengobatan gratis yang ditampilkan melalui LCD
-          Guru meminta peserta didik mengemukakan pendapat tentang hasil  pengamatan
2.     Menanya
-          Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengajukan pertanyaan tentang gambar  yang diamatinya.
-          Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menanggapi pertanyaan dari siswa lain
3.     Mengeksplorasi
-          Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok yang heterogen .
-          Setiap kelompok mencari  materi tentang pengertian akhlak, macam-macam akhlak dan cara meningkatkan kualitas akidah melalui berbagai literature buku.
-          Setiap kelompok mendiskusikandalam kelompoknya hasil informasi yang telah diperoleh melalui berbagai literatur
4.     Mengasosiasikan
-          Setiap kelompok mendiskusikan ulang  hasil informasi untuk merumuskan tentang pengertian akhlak, macam-macam akhlak dan cara meningkatkan kualitas akidah
5.     Setiap kelompok menganalisis hasil temuannya berkaitan tenang pengertian akhlak, macam-macam akhlak dan cara meningkatkan kualitas akidah Mengkomunikasikan
-          Setiap kelompok mempresentasikan secara bergantian mengenai  kesimpulan berdasarkan hasil temuan pengertian akhlak, macam-macam akhlak dan cara meningkatkan kualitas akidah
-          Setiap kelompok menanggapi hasil  pemaparan dari kelompok lain.
-          Guru memberikan penguatan terhadap materi yg telah dipresentasikan

60
Penutup
1.     Siswa dibimbing oleh guru untuk menyimpulkan materi
2.     Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk  bertanya tentang materi yang sudah dibahas
3.     Guru menyampaikan materi  untuk pertemuan berikutnya
4.     Guru menutup pembelajaran dengan doa dan salam.
20
Pertemuan ke-8
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuluan
a.     Guru mengucapkan salam dan berdoa bersama
b.     Guru  memeriksa kehadiran siswa
c.     Guru menyampaikan tujuan pembelajaran

10 menit
Kegiatan Inti
a.     Mengamati
-          Guru membagikan ringkasan materi mengenai pengertian aklak, macam-macam akhlak dan cara peningkatan kualitas akhlak
-       Guru meminta peserta didik untuk mengamati dan mencermati ringkasan materi terkait masalah pengertian akhlak, macam-macam akhlak , cara peningkatan kualitas akhlak, Persamaan antara akhlak, etika,moral dan budi pekerti, penerapan peningkatan kualitas akhlak
 yang telah dibagikan
b.     Menanya
-          Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengajukan pertanyaan tentang bacaan yang diamatinya.
-          Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menanggapi pertanyaan dari siswa lain
c.     Mengeksplorasi
-          Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok yang heterogen .
-       Setiap kelompok mencari  materi tentang masalah pengertian akhlak, macam-macam akhlak , cara peningkatan kualitas akhlak, Persamaan antara akhlak, etika,moral dan budi pekerti, penerapan peningkatan kualitas akhlak
 melalui berbagai literature buku.
-          Guru membagikan lembaran kegiatan ( terlampir)
d.     Mengasosiasikan
-          Setiap kelompok mendiskusikan cara menyelesaikan lembar kegiatan yang telah diberikan
-          Setiap kelompok menganalisis jawaban yang dari hasil diskusi dengan teman kelompoknya
e.     Mengkomunikasikan
-          Guru menampilkan lembar kegiatan dan kotak yang berisi huruf melalui LCD
-          Guru memberikan kesempatan kepada setiap kelompok untuk memperlihatkan hasil kerja kelompoknya
-          Guru mengarsir huruf dalam kotak sesuai jawaban yang disepakati oleh semua kelompok.

60
Penutup
1.     Siswa dibimbing oleh guru untuk menyimpulkan materi
2.     Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk  bertanya tentang materi yang sudah dibahas
3.     Guru menyampaikan materi  untuk pertemuan berikutnya
4.     Guru menutup pembelajaran dengan doa dan salam.
20


Mengetahui
Kepala MAN Mamuju



Dra. Wahdiah
NIP.19671231 1994012002

Mamuju, 11 januari 2014
Guru Bidang Studi



Hj.Andi Kurnia Muin,S.Pd.I
NIP.19821101 200604 2002





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SEOLAH AMNESIA

Pernah, dia menulis banyak hal Pernah, begitu mudah baginya menemukan ispirasi  untuk menuliskan hal yang positif Saat ini  Tak akan pernah ...