Rabu, 29 Oktober 2014

Perangkat pembelajaran Kurikulum 2013, Program Tahunan







 


PROGRAM TAHUNAN

Satuan Pendidikan           : MAN Mamuju
Mata Pelajaran                 : Akidah Akhlak
Kelas / Semester              : X / Ganjil
Tahun Pelajaran               : 2014-2015

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
MATERI
ALOKASI WAKTU
KI 3 : Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesi􀏐ik sesuai dengan baksat dan minatnya untuk memecahkan masalah
3.1 Memahami akidah Islam dan metode peningkatan  kualitasnya’.
a. Pengertian Akidah
b. Dalil/ argumentasi dalam
Akidah
c. Tujuan Akidah Islam
d. Metode-metode peningkatan
Akidah Islam
e. Prinsip-Prinsip Akidah
4
Ulangan Harian 1

2
3.2 Memahami konsep tauhiid dalam Islam
a. Pengertian Tauhid
b. Nama-Nama Ilmu Tauhid
c. Ruang Lingkup Tauhid
d. Macam-Macam Tauhid
e. Memahami Makna Kalimat
Tauhid
f. Hikmah dan Manfaat Bertauhid
g. Bahaya Tidak Bertauhid
4
Ulangan Harian 2

2
3.3 Memahami akhlak Islam dan metode
Peningkatan kualitasnya
a. Pengertian Akhlak
b. Macam-Macam Akhlak
c. Persamaan Antara Akhlak,
Etika,Moral dan Budi Pekerti
d. Cara Meningkatkan Kualitas
Akhlak
e. Penerapan Peningkatan
Kualitas Akhlak  
2

Ulangan Harian 3

2

3.4 Menganalisis induk induk akhlak terpuji  (hikmah, iffah, syaja‘ah
dan ‘adalah)
a. Induk-Induk Akhlak Terpuji
b. Hikmah
c. Iffah
d. Syaja’ah
e. ‘Adalah
2

Ulangan Harian 4

2

3.5 Menganalisis induk-induk akhlak tercela (pubbun-dun-ya, pasad,
takabur/ujub, riya’)
a. pubbun-dun-ya
b. Hasad
c. takabur/ ujub,
d. Riya’
2

Ulangan harian 5

2

3.6 Memahami makna syukur, qana‘ah, rida, dan sabar
a. Bersyukur
b. Qana’ah
c. Ridla dan Sabar
2

Ulangan harian 6

2

3.7 Memahami adab kepada orang tua dan guru
a. Adab Terhadap Orang Tua
b. Adab Terhadap Guru
2

3.8 Menganalisis kisah keteladanan Nabi Yusuf a.s.
a. Akhlak utama Nabi Yusuf a.s. pada saat menghadapi cobaan
b. Akhlak utama Nabi Yusuf a.s.
pada saat jaya
c. Ibrah dari Kisah Nabi
Yusuf a.s.
2

Ulangan harian 7

2




KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
4.1 Mempraktikkan metodemetode
Peningkatan kualitas iman/ akidah
Islamiyah
d. Metode-metode
peningkatan kualitas
Akidah Islam
2
4.2 Menunjukkan contoh prilaku bertauhid dalam Islam
Contoh perilaku orang bertauhid
2
4.3 Mempraktikkan metode-metode
peningkatan kualitas akhlak dalam Islam]
Metode penimgkatan akhlak dalam islam
1
4.4 Mempraktikan contoh-contoh
akhlak yang baik (hikmah, iffah,
syaja‘ah dan ‘adalah)
Contoh –contoh akhlak yang baik
2
4.5 Menunjukkan contoh-contoh akhlak tercela (pubbun-dun-ya, pasad,
takabur/ujub, riya’)
Contoh-contoh akhlak yang tercela
1

4.6. Menunjukkan contoh contoh perilaku bersyukur, qana‘ah, rida,
 dan sabar
Contoh perilaku bersyukur, qanaah, rida’ dan sabar
1

4.7. Mensimulasikan adab kepada orang tua dan guru
Adab kepada orang tua dan guru
1

4.8. Menyajikan synopsis kisah keteladanan Nabi Yusuf a.s.
Kisah Nabi Yusuf a.s
1

Ulangan semester 1 ( ganjil )



Jumlah

18 x 2 = 36










PROGRAM TAHUNAN

Satuan Pendidikan           : MAN Mamuju
Mata Pelajaran                 : Akidah Akhlak
Kelas / Semester              : X / Genap
Tahun Pelajaran               : 2014-2015

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
MATERI
ALOKASI WAKTU
KI 3 : Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesi􀏐ik sesuai dengan baksat dan minatnya untuk memecahkan masalah
3.1 Menganalisis perbuatan syirik dan macam-macam dan cara menghindarinya..
a. Pengertian Syirik
b. Contoh Perilaku Perbuatan
Syirik
c. Bahaya Perbuatan Syirik
d. Cara Menghindari Perbuatan
Syirik
3
Ulangan Harian 1

2
3.2 Menganalisis makna 10 Asmwul husna al-Karrm, al- Mu’min, al-Wakrl, al-Matrn, al-Jami‘, al-‘Adl, an-nafi‘, al- Basih, al-oafrz dan al-qkhir
a. Lafal dan Arti Asmaul Husna
b. Mengkaji 10 Asmaul Husna
(al-Karrm, al-Mu’min, al-Wakrl,
al-Matrn, al-Jami‘, al-‘Adl,
an-Nafi‘, al- Basih, al-oafrz
dan al-qkhir)
2
Ulangan Harian 2

2
3.3 Memahami pengertian dan pentingnya
memiliki akhlak husnuzzan, raja‘ dan tobat
a. Husnuzzan
b. Raja‘
c. Tobat
2

Ulangan Harian 3

2

3.4 pengertian dan pentingnya menghindari licik, tamak, zalim, dan diskriminasi
a. Licik
b. Tamak
c. Zalim
d. Diskrimi-nasi
2

Ulangan Harian 4

2

3.5 Memahami adab islami ketika membesuk orang sakit
a. Adab Membesuk Orang Sakit
b. Hikmah Sakit
c. Menghadapi Orang Yang
   Sakit Parah
d. Hal-Hal Yang Perlu Dilakukan
   Terhadap Orang Yang Baru
   Meninggal
2

Ulangan harian 5

2

3.6 Menganalisis kisah keteguhan nabinabi
Ulul Azmi
a. Sifat-Sifat Ulul Azmi
b. Nabi Nuh as.
c. Nabi Ibrahim as.
d. Nabi Musa as.
e. Nabi Isa as.
f. Nabi Muhammad saw.
2

Ulangan harian 6

2

3.7 Memahami adab kepada orang tua dan guru
a. Adab Terhadap Orang Tua
b. Adab Terhadap Guru
2

3.8 Menganalisis kisah keteladanan Nabi Yusuf a.s.
a. Akhlak utama Nabi Yusuf a.s.       pada saat menghadapi cobaan
b. Akhlak utama Nabi Yusuf a.s.
    pada saat jaya
c. Ibrah dari Kisah Nabi
    Yusuf a.s.
2

Ulangan harian 8

2
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
4.1 Menyajikan contoh praktik-praktik
perbuatan syirik di masyarakat
Contoh perbuatan syirik
1
4.2 Menghafalkan lafal-lafal Asmaul husna
Lafal asmaul husna
1
4.3 Melafalkan doa-doa tobat dari Al- Qur’an dan hadis
Doa-doa tobat dari Al Qur’an Dan Hadits
1
4. Menceritakan bahaya dari akhlak tercela licik, tamak, zalim, dan diskriminasi
Bahaya perbuatan tercela
1
4.5 Mempraktikkan contoh akhlak (adab) yang baik ketika membesuk orang sakit

1

4.6. Mencerikatan kisah keteguhan nabi-nabi
Ulul Azmi
Kisah ulul azmi
1

Ulangan semester 1 ( ganjil )



Jumlah

18 x 2 = 36

                                                                                                                                                                                             Mamuju ,11 Juni   2014
Mengetahui,                                                                                                                                    Guru Mapel Aqidah Akhlak
               Kepala Madrasah Aliyah                                                                                                                                     
                                                                                                                                                                                 

               Dra.Wahdiah                                                                                                                                     Hj.Andi Kurnia Muin,S.Pd.I
                          NIP.196712311994012002                                                                                                                 NIP. 198211012006042002

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SEOLAH AMNESIA

Pernah, dia menulis banyak hal Pernah, begitu mudah baginya menemukan ispirasi  untuk menuliskan hal yang positif Saat ini  Tak akan pernah ...