|
PROGRAM
TAHUNAN
Satuan
Pendidikan : MAN Mamuju
Mata Pelajaran
: Akidah Akhlak
Kelas /
Semester : X / Ganjil
Tahun
Pelajaran : 2014-2015
KOMPETENSI
INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI
|
ALOKASI
WAKTU
|
KI 3 : Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingintahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesiik sesuai dengan baksat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
|
3.1 Memahami akidah Islam dan metode
peningkatan kualitasnya’.
|
a. Pengertian Akidah
b. Dalil/ argumentasi dalam
Akidah
c. Tujuan Akidah Islam
d. Metode-metode peningkatan
Akidah Islam
e. Prinsip-Prinsip Akidah
|
4
|
Ulangan Harian 1
|
2
|
||
3.2 Memahami konsep tauhiid dalam Islam
|
a. Pengertian Tauhid
b. Nama-Nama Ilmu Tauhid
c. Ruang Lingkup Tauhid
d. Macam-Macam Tauhid
e. Memahami Makna Kalimat
Tauhid
f. Hikmah dan Manfaat Bertauhid
g. Bahaya Tidak Bertauhid
|
4
|
|
Ulangan Harian 2
|
2
|
||
3.3 Memahami akhlak Islam dan metode
Peningkatan kualitasnya
|
a. Pengertian Akhlak
b. Macam-Macam Akhlak
c. Persamaan Antara Akhlak,
Etika,Moral dan Budi Pekerti
d. Cara Meningkatkan Kualitas
Akhlak
e. Penerapan Peningkatan
Kualitas Akhlak
|
2
|
|
Ulangan Harian 3
|
2
|
||
3.4 Menganalisis induk induk akhlak terpuji (hikmah, iffah, syaja‘ah
dan ‘adalah)
|
a. Induk-Induk Akhlak Terpuji
b. Hikmah
c. Iffah
d. Syaja’ah
e. ‘Adalah
|
2
|
|
Ulangan Harian 4
|
2
|
||
3.5 Menganalisis induk-induk akhlak tercela (pubbun-dun-ya,
pasad,
takabur/ujub, riya’)
|
a. pubbun-dun-ya
b. Hasad
c. takabur/ ujub,
d. Riya’
|
2
|
|
Ulangan harian 5
|
2
|
||
3.6 Memahami makna syukur, qana‘ah, rida, dan
sabar
|
a. Bersyukur
b. Qana’ah
c. Ridla dan Sabar
|
2
|
|
Ulangan harian 6
|
2
|
||
3.7 Memahami adab kepada orang tua dan guru
|
a. Adab Terhadap Orang Tua
b. Adab Terhadap Guru
|
2
|
|
3.8 Menganalisis kisah keteladanan Nabi Yusuf
a.s.
|
a. Akhlak utama Nabi Yusuf a.s. pada saat
menghadapi cobaan
b. Akhlak utama Nabi Yusuf a.s.
pada saat jaya
c. Ibrah dari Kisah Nabi
Yusuf a.s.
|
2
|
|
Ulangan harian 7
|
2
|
||
|
|
|
|
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
4.1 Mempraktikkan metodemetode
Peningkatan kualitas iman/ akidah
Islamiyah
|
d. Metode-metode
peningkatan kualitas
Akidah Islam
|
2
|
4.2 Menunjukkan contoh prilaku bertauhid
dalam Islam
|
Contoh
perilaku orang bertauhid
|
2
|
|
4.3 Mempraktikkan metode-metode
peningkatan kualitas akhlak dalam Islam]
|
Metode
penimgkatan akhlak dalam islam
|
1
|
|
4.4 Mempraktikan contoh-contoh
akhlak yang baik (hikmah, iffah,
syaja‘ah dan ‘adalah)
|
Contoh
–contoh akhlak yang baik
|
2
|
|
4.5 Menunjukkan contoh-contoh akhlak tercela (pubbun-dun-ya,
pasad,
takabur/ujub, riya’)
|
Contoh-contoh akhlak yang tercela
|
1
|
|
4.6. Menunjukkan contoh contoh perilaku bersyukur,
qana‘ah, rida,
dan sabar
|
Contoh perilaku bersyukur, qanaah, rida’ dan sabar
|
1
|
|
4.7. Mensimulasikan adab kepada orang tua dan
guru
|
Adab kepada orang tua dan guru
|
1
|
|
4.8. Menyajikan synopsis kisah keteladanan
Nabi Yusuf a.s.
|
Kisah Nabi Yusuf a.s
|
1
|
|
Ulangan semester 1 ( ganjil )
|
|
|
|
Jumlah
|
|
18 x 2 = 36
|
PROGRAM
TAHUNAN
Satuan
Pendidikan : MAN Mamuju
Mata Pelajaran
: Akidah Akhlak
Kelas /
Semester : X / Genap
Tahun
Pelajaran : 2014-2015
KOMPETENSI
INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI
|
ALOKASI
WAKTU
|
KI 3 : Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingintahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesiik sesuai dengan baksat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
|
3.1 Menganalisis perbuatan syirik dan macam-macam
dan cara menghindarinya..
|
a. Pengertian Syirik
b. Contoh Perilaku Perbuatan
Syirik
c. Bahaya Perbuatan Syirik
d. Cara Menghindari Perbuatan
Syirik
|
3
|
Ulangan Harian 1
|
2
|
||
3.2 Menganalisis makna 10 Asmwul husna al-Karrm,
al- Mu’min, al-Wakrl, al-Matrn, al-Jami‘, al-‘Adl, an-nafi‘, al- Basih,
al-oafrz dan al-qkhir
|
a. Lafal dan Arti Asmaul Husna
b. Mengkaji 10 Asmaul Husna
(al-Karrm, al-Mu’min, al-Wakrl,
al-Matrn, al-Jami‘, al-‘Adl,
an-Nafi‘, al- Basih, al-oafrz
dan al-qkhir)
|
2
|
|
Ulangan Harian 2
|
2
|
||
3.3 Memahami pengertian dan pentingnya
memiliki akhlak husnuzzan, raja‘ dan
tobat
|
a. Husnuzzan
b. Raja‘
c. Tobat
|
2
|
|
Ulangan Harian 3
|
2
|
||
3.4 pengertian dan pentingnya menghindari
licik, tamak, zalim, dan diskriminasi
|
a. Licik
b. Tamak
c. Zalim
d. Diskrimi-nasi
|
2
|
|
Ulangan Harian 4
|
2
|
||
3.5 Memahami adab islami ketika membesuk
orang sakit
|
a. Adab Membesuk Orang Sakit
b. Hikmah Sakit
c. Menghadapi Orang Yang
Sakit
Parah
d. Hal-Hal Yang Perlu Dilakukan
Terhadap
Orang Yang Baru
Meninggal
|
2
|
|
Ulangan harian 5
|
2
|
||
3.6 Menganalisis kisah keteguhan nabinabi
Ulul Azmi
|
a. Sifat-Sifat Ulul Azmi
b. Nabi Nuh as.
c. Nabi Ibrahim as.
d. Nabi Musa as.
e. Nabi Isa as.
f. Nabi Muhammad saw.
|
2
|
|
Ulangan harian 6
|
2
|
||
3.7 Memahami adab kepada orang tua dan guru
|
a. Adab Terhadap Orang Tua
b. Adab Terhadap Guru
|
2
|
|
3.8 Menganalisis kisah keteladanan Nabi Yusuf
a.s.
|
a. Akhlak utama Nabi Yusuf a.s. pada saat menghadapi cobaan
b. Akhlak utama Nabi Yusuf a.s.
pada
saat jaya
c. Ibrah dari Kisah Nabi
Yusuf
a.s.
|
2
|
|
Ulangan harian 8
|
2
|
||
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
|
4.1 Menyajikan contoh praktik-praktik
perbuatan syirik di masyarakat
|
Contoh perbuatan syirik
|
1
|
4.2 Menghafalkan lafal-lafal Asmaul husna
|
Lafal
asmaul husna
|
1
|
|
4.3 Melafalkan doa-doa tobat dari Al- Qur’an
dan hadis
|
Doa-doa
tobat dari Al Qur’an Dan Hadits
|
1
|
|
4. Menceritakan bahaya dari akhlak tercela
licik, tamak, zalim, dan diskriminasi
|
Bahaya
perbuatan tercela
|
1
|
|
4.5 Mempraktikkan contoh akhlak (adab) yang
baik ketika membesuk orang sakit
|
|
1
|
|
4.6. Mencerikatan kisah keteguhan nabi-nabi
Ulul Azmi
|
Kisah ulul azmi
|
1
|
|
Ulangan semester 1 ( ganjil )
|
|
|
|
Jumlah
|
|
18 x 2 = 36
|
Mamuju ,11 Juni 2014
Mengetahui, Guru Mapel Aqidah Akhlak
Kepala Madrasah Aliyah
Dra.Wahdiah Hj.Andi Kurnia Muin,S.Pd.I
NIP.196712311994012002 NIP. 198211012006042002
Tidak ada komentar:
Posting Komentar