RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : MAN Mamuju
Kelas / Semester : X / Ganjil
Mata Pelajaran : Akidah Akhlak
Topik : Induk
Akhlak Terpuji
Pertemuan Ke : 9-11
Alokasi Waktu ; 4 x 45
menit
Kompetensi Dasar :
3.4.
Menganalisis Induk-Induk Akhla Terpuji
4.4.
Mempraktikkan contoh-contoh akhlak yang baik
Indikator
Pencapaian Kompetensi :
3.4.1.
Siswa dapat menjelaskan induk-induk akhlak terpuji.
3.4.2.
Siswa dapat mendiskripsikan keutamaan hikmah
3.4.3.
Siswa dapat menyimpulkan keutamaan sifat Iffah
3.4.4. Siswa dapat menjelaskan keutamaan sifat
syajaah
4.4.1
Siswa dapat mem[presentasikan keutamaan ‘adalah.
Tujuan Pembelajaran : Setelah
mengamati, menanya, mengeksplorasi , mengasosiasi dan mengkomunikasikan peserta
didik mampu:
-
menjelaskan induk-induk akhlak terpuji.
-
mendiskripsikan keutamaan hikmah
-
menyimpulkan keutamaan sifat Iffah
-
menjelaskan keutamaan sifat syajaah
-
mempresentasikan keutamaan ‘adalah.
Materi Ajar :
- Induk-induk Akhlak Terpuji
-
Hikmah
-
Iffah
-
Syaja’ah
-
‘Adalah
Pendekatan, Metode dan Model Pembelajaran :
-
Pendekatan
pembelajatan : scientific
-
Metode pembelajaran
: Ceramah, Tanya jawab, Diskusi, penugasan
-
Model
pembelajaran : Direct instruction dan Group Invesigation,
Media Pembelajaran :
Kartu dan Al Quran
Alat dan Sumber Belajar :
1.
Alat : Laptop, pointer,LCD
2.
Sumber belajar :
- Buku pedoman mata pelajaran
Akidah Akhlak MA, Kemenag RI
- Buku pegangan siswa mata pelajaran
Akidah Akhlak MA, Kemenag RI
- Buku akidah akhlak KTSP
- Al Quran dan terjemahnya
- Internet
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan ke-9 :
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
a.
Guru mengucapkan salam dan berdoa
bersama
b.
Guru
memeriksa kehadiran siswa
c.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
|
10
menit
|
Kegiatan
Inti
|
1.
Mengamati
-
Guru meminta peserta untuk membaca ayat
yang berkaitan dengan akhlak terpuji, yaitu QS. An-Nahl ayat 125 dan QS. An
Nahl : 90
-
Guru meminta peserta didik untuk
menyimak terjemahan dari ayat tersebut
-
Memperhatikan kandungan ayat-ayat
tersebut
2.
Menanya
-
Guru memberikan kesempatan kepada
peserta didik untuk mengajukan pertanyaan mengenai kandungan dari ayat-ayat
tersebut.
-
Guru memberikan kesempatan kepada siswa
lain untuk menanggapi pertanyaan dari siswa tersebut.
-
Guru memberikan apresiasi atau
tanggapan terhadap pertanyaan yang muncul serta terhadap tanggapan dari siswa
lain.
3.
Mengeksplorasi
-
Guru membagi siswa menjadi beberapa
kelompok yang heterogen .
-
Setiap kelompok mencari materi tentang induk-induk akhlak terpuji melalui berbagai
literature buku.
-
Setiap kelompok mendiskusikan dalam
kelompoknya hasil informasi yang telah diperoleh melalui berbagai literatur
4.
Mengasosiasikan
-
Setiap kelompok mendiskusikan
ulang hasil informasi untuk merumuskan
tentang induk-induk akhlak terpuji
-
Setiap kelompok menganalisis hasil
temuannya berkaitan tenang induk-induk akhlak terpuji
5.
Mengkomunikasikan
-
Setiap kelompok mempresentasikan secara
bergantian mengenai kesimpulan
berdasarkan hasil temuan tentang induk-induk akhlak terpuji.
-
Setiap kelompok menanggapi hasil pemaparan dari kelompok lain.
-
Guru memberikan penguatan terhadap materi
yg telah dipresentasikan
|
60
|
Penutup
|
1.
Siswa dibimbing oleh guru untuk
menyimpulkan materi
2.
Guru memberikan kesempatan kepada siswa
untuk bertanya tentang materi yang
sudah dibahas
3.
Guru memberikan tugas kepada setiap
kelompok untuk mencari informasi dari berbagai sumber mengenai keutamaan
hikmah, iffah, syaja’ah dan ‘adalah
4.
Guru menyampaikan materi untuk pertemuan berikutnya
5.
Guru menutup pembelajaran dengan doa
dan salam.
|
20
|
Pertemuan ke-10
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
a.
Guru mengucapkan salam dan berdoa
bersama
b.
Guru
memeriksa kehadiran siswa
c.
Guru memastikan bahwa tugas yang
diberikan pada minggu sebelumnya telah selesai
d.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
|
10
menit
|
Kegiatan
Inti
|
a.
Mengamati
-
Guru meminta peserta untuk menyimak
hasil penemuan kelompoknya mengenai keutamaan hikmah, iffah, syaja’ah dan
‘adalah
-
Guru meminta peserta didik mengemukakan
pendapat tentang hasil pengamatan
b.
Menanya
-
Guru memberikan kesempatan kepada
peserta didik untuk mengajukan pertanyaan tentang gambar tersebut.
-
Guru memberikan kesempatan kepada
peserta didik untuk menanggapi pertanyaan dari siswa lain
c.
Mengeksplorasi
-
Guru membagi siswa menjadi beberapa
kelompok yang heterogen .
-
Setiap kelompok mencari kembali materi tentang keutamaan hikmah,
iffah, syajaah, dan ‘adalah dengan berjalan kesetiap kelompok
-
Setiap kelompok mendiskusikan dalam
kelompoknya hasil informasi yang telah diperoleh dari kelompok lain
d.
Mengasosiasikan
-
Setiap kelompok mendiskusikan
ulang hasil informasi untuk merumuskan
tentang keutamaan hikmah, iffah, syajaah, dan ‘adalah dalam kelompoknya
-
Setiap kelompok menganalisis hasil
temuannya berkaitan tenang tentang keutamaan hikmah, iffah, syajaah, dan
‘adalah
e.
Mengkomunikasikan
-
Setiap kelompok mempresentasikan secara
bergantian mengenai kesimpulan
berdasarkan hasil temuan tentang tentang keutamaan hikmah, iffah, syajaah,
dan ‘adalah
-
Setiap kelompok menanggapi hasil pemaparan dari kelompok lain.
-
Guru memberikan penguatan terhadap
materi yg telah dipresentasikan
|
60
|
Penutup
|
1.
Siswa dibimbing oleh guru untuk
menyimpulkan materi
2.
Guru memberikan kesempatan kepada siswa
untuk bertanya tentang materi yang
sudah dibahas
3.
Guru menyampaikan materi untuk pertemuan berikutnya ( ulangan harian
)
4.
Guru menutup pembelajaran dengan doa
dan salam.
|
20
|
Pertemuan ke 11
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
a.
Guru mengucapkan salam dan berdoa
bersama
b.
Guru
memeriksa kehadiran siswa
c.
Guru menyampaikan kegiatan pembelajaran
d.
Guru menyampaikan tata tertib dalam
ulangan harian
|
10
menit
|
Kegiatan
Inti
|
-
Guru membagi siswa menjadi dua
kelompok.
-
Kelompok 1 dipersilahkan menempati
kursi dalam kelas dengan jarak yang tidak terlalu berdekatan
-
Guru membagikan soal ulangan harian
sebanyak 5 soal
-
Guru memberikan kiesempatan kepada
siswa dalam kelompok 1 untuk menjawab dengan alokasi waktu 30 menit
-
Setelah waktu pengerjaan soal selesai,
guru mempersilahkan siswa pada kelompok 1 untuk mengumpulkan lembar jawaban
dan lembar soal, kemudian mempersilahkan siswa dalam kelompok 2 untuk
memasuki ruangan ujian dengan mengikuti peraturan seperti yang ditetapkan
untuk kelompok satu.
-
Guru membagikan lembar soal dengan
instrument yang berbeda dari kelompok Saturda
-
Guru memberikan kesempatan kepada siswa
pada kelompok 2 untuk mengerjakan soal dengan alokasi waktu 30 menit.
-
Setelah waktu pengerjaan soal selesai,
guru mempersilahkan siswa pada kelompok 1 untuk mengumpulkan lembar jawaban
dan lembar soal,
-
Seluruh siswa kembali masuk kedalam
kelas
|
70
|
Penutup
|
1.
Guru menyampaikan materi untuk pertemuan berikutnya
2.
Guru menutup pembelajaran dengan doa
dan salam.
|
10
|
Mengetahui
Kepala MAN Mamuju
Dra. Wahdiah
NIP.19671231 1994012002
|
|
Mamuju, 11 Juni 2014
Guru Bidang Studi
Hj.Andi Kurnia
Muin,S.Pd.I
NIP.19821101 200604 2002
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar