Rabu, 29 Oktober 2014

Rencana Program Pembelajaran ( RPP ) MA Kurikulum 2013



RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan                                           :   MAN Mamuju
Kelas / Semester                                              :   X / Ganjil
Mata Pelajaran                                                 :   Akidah Akhlak
Topik                                                                 :   Induk Akhlak Terpuji
Pertemuan Ke                                                  :   9-11
Alokasi Waktu                                                  ;   4 x 45 menit

Kompetensi Dasar                                            : 
                                                                          3.4. Menganalisis Induk-Induk Akhla Terpuji
                                                                          4.4. Mempraktikkan contoh-contoh akhlak yang baik
Indikator  Pencapaian Kompetensi                  :
 3.4.1. Siswa dapat menjelaskan induk-induk akhlak terpuji.
                                                                         3.4.2. Siswa dapat mendiskripsikan keutamaan hikmah
 3.4.3. Siswa dapat menyimpulkan keutamaan sifat Iffah
 3.4.4. Siswa dapat menjelaskan keutamaan sifat syajaah
 4.4.1 Siswa dapat mem[presentasikan keutamaan ‘adalah.
Tujuan Pembelajaran                                      :    Setelah mengamati, menanya, mengeksplorasi , mengasosiasi dan mengkomunikasikan peserta didik mampu:
-  menjelaskan induk-induk akhlak terpuji.
                                                                         -  mendiskripsikan keutamaan hikmah
-  menyimpulkan keutamaan sifat Iffah
-  menjelaskan keutamaan sifat syajaah
-   mempresentasikan keutamaan ‘adalah.
Materi  Ajar                                                       : -   Induk-induk Akhlak Terpuji
-     Hikmah
-     Iffah
-     Syaja’ah
-     ‘Adalah

Pendekatan, Metode dan Model Pembelajaran         :
-        Pendekatan  pembelajatan    :  scientific
-       Metode pembelajaran          :  Ceramah, Tanya jawab,  Diskusi, penugasan
-       Model  pembelajaran            : Direct instruction  dan  Group Invesigation,
Media Pembelajaran                                        :     Kartu dan  Al Quran



Alat dan Sumber Belajar                                  :
1.    Alat                                                       :      Laptop, pointer,LCD
2.    Sumber belajar                                     :
-        Buku pedoman mata pelajaran Akidah Akhlak MA, Kemenag RI
-       Buku  pegangan siswa mata pelajaran Akidah Akhlak MA, Kemenag RI
-       Buku akidah akhlak KTSP
-       Al Quran dan terjemahnya
-       Internet
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan ke-9                                               :
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuluan
a.    Guru mengucapkan salam dan berdoa bersama
b.    Guru  memeriksa kehadiran siswa
c.    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran

10 menit
Kegiatan Inti
1.    Mengamati
-          Guru meminta peserta untuk membaca ayat yang berkaitan dengan akhlak terpuji, yaitu QS. An-Nahl ayat 125 dan QS. An Nahl : 90
-          Guru meminta peserta didik untuk menyimak terjemahan dari ayat tersebut
-          Memperhatikan kandungan ayat-ayat tersebut
2.    Menanya
-          Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengajukan pertanyaan mengenai kandungan dari ayat-ayat tersebut.
-          Guru memberikan kesempatan kepada siswa lain untuk menanggapi pertanyaan dari siswa tersebut.
-          Guru memberikan apresiasi atau tanggapan terhadap pertanyaan yang muncul serta terhadap tanggapan dari siswa lain.
3.    Mengeksplorasi
-          Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok yang heterogen .
-          Setiap kelompok mencari  materi tentang  induk-induk akhlak terpuji melalui berbagai literature buku.
-          Setiap kelompok mendiskusikan dalam kelompoknya hasil informasi yang telah diperoleh melalui berbagai literatur
4.    Mengasosiasikan
-          Setiap kelompok mendiskusikan ulang  hasil informasi untuk merumuskan tentang induk-induk akhlak terpuji
-          Setiap kelompok menganalisis hasil temuannya berkaitan tenang induk-induk akhlak terpuji
5.    Mengkomunikasikan
-          Setiap kelompok mempresentasikan secara bergantian mengenai  kesimpulan berdasarkan hasil temuan tentang induk-induk akhlak terpuji.
-          Setiap kelompok menanggapi hasil  pemaparan dari kelompok lain.
-          Guru memberikan penguatan terhadap materi yg telah dipresentasikan

60
Penutup
1.    Siswa dibimbing oleh guru untuk menyimpulkan materi
2.    Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk  bertanya tentang materi yang sudah dibahas
3.    Guru memberikan tugas kepada setiap kelompok untuk mencari informasi dari berbagai sumber mengenai keutamaan hikmah, iffah, syaja’ah dan ‘adalah
4.    Guru menyampaikan materi  untuk pertemuan berikutnya
5.    Guru menutup pembelajaran dengan doa dan salam.
20


Pertemuan ke-10
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuluan
a.    Guru mengucapkan salam dan berdoa bersama
b.    Guru  memeriksa kehadiran siswa
c.    Guru memastikan bahwa tugas yang diberikan pada minggu sebelumnya telah selesai
d.    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran

10 menit
Kegiatan Inti
a.    Mengamati
-          Guru meminta peserta untuk menyimak hasil penemuan kelompoknya mengenai keutamaan hikmah, iffah, syaja’ah dan ‘adalah
-          Guru meminta peserta didik mengemukakan pendapat tentang hasil  pengamatan
b.    Menanya
-          Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengajukan pertanyaan tentang gambar tersebut.
-          Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menanggapi pertanyaan dari siswa lain
c.    Mengeksplorasi
-          Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok yang heterogen .
-          Setiap kelompok mencari  kembali materi tentang keutamaan hikmah, iffah, syajaah, dan ‘adalah dengan berjalan kesetiap kelompok
-          Setiap kelompok mendiskusikan dalam kelompoknya hasil informasi yang telah diperoleh dari kelompok lain
d.    Mengasosiasikan
-          Setiap kelompok mendiskusikan ulang  hasil informasi untuk merumuskan tentang keutamaan hikmah, iffah, syajaah, dan ‘adalah  dalam kelompoknya
-          Setiap kelompok menganalisis hasil temuannya berkaitan tenang tentang keutamaan hikmah, iffah, syajaah, dan ‘adalah

e.    Mengkomunikasikan
-          Setiap kelompok mempresentasikan secara bergantian mengenai  kesimpulan berdasarkan hasil temuan tentang tentang keutamaan hikmah, iffah, syajaah, dan ‘adalah
-          Setiap kelompok menanggapi hasil  pemaparan dari kelompok lain.
-          Guru memberikan penguatan terhadap materi yg telah dipresentasikan

60
Penutup
1.    Siswa dibimbing oleh guru untuk menyimpulkan materi
2.    Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk  bertanya tentang materi yang sudah dibahas
3.    Guru menyampaikan materi  untuk pertemuan berikutnya ( ulangan harian )
4.    Guru menutup pembelajaran dengan doa dan salam.
20


Pertemuan ke 11
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuluan
a.    Guru mengucapkan salam dan berdoa bersama
b.    Guru  memeriksa kehadiran siswa
c.    Guru menyampaikan kegiatan pembelajaran
d.    Guru menyampaikan tata tertib dalam ulangan harian

10 menit
Kegiatan Inti
-          Guru membagi siswa menjadi dua kelompok.
-          Kelompok 1 dipersilahkan menempati kursi dalam kelas dengan jarak yang tidak terlalu berdekatan
-          Guru membagikan soal ulangan harian sebanyak  5 soal
-          Guru memberikan kiesempatan kepada siswa dalam kelompok 1 untuk menjawab dengan alokasi waktu 30 menit
-          Setelah waktu pengerjaan soal selesai, guru mempersilahkan siswa pada kelompok 1 untuk mengumpulkan lembar jawaban dan lembar soal, kemudian mempersilahkan siswa dalam kelompok 2 untuk memasuki ruangan ujian dengan mengikuti peraturan seperti yang ditetapkan untuk kelompok satu.
-          Guru membagikan lembar soal dengan instrument yang berbeda dari kelompok Saturda
-          Guru memberikan kesempatan kepada siswa pada kelompok 2 untuk mengerjakan soal dengan alokasi waktu 30 menit.
-          Setelah waktu pengerjaan soal selesai, guru mempersilahkan siswa pada kelompok 1 untuk mengumpulkan lembar jawaban dan lembar soal,
-          Seluruh siswa kembali masuk kedalam kelas
70
Penutup
1.    Guru menyampaikan materi  untuk pertemuan berikutnya
2.    Guru menutup pembelajaran dengan doa dan salam.
10




Mengetahui
Kepala MAN Mamuju



Dra. Wahdiah
NIP.19671231 1994012002

Mamuju, 11 Juni  2014
Guru Bidang Studi



Hj.Andi Kurnia Muin,S.Pd.I
NIP.19821101 200604 2002








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SEOLAH AMNESIA

Pernah, dia menulis banyak hal Pernah, begitu mudah baginya menemukan ispirasi  untuk menuliskan hal yang positif Saat ini  Tak akan pernah ...