Senin, 26 Februari 2018

RPP Akhlak kelas X Bab 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP)

SATUAN PENDIDIKAN       : MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) MAMUJU
MATA PELAJARAN              : AKHLAK
KELAS / SEMESTER            : X / GENAP
MATERI POKOK                  : MEMAHAMI AKHLAK TERPUJI PADA PERGAULAN REMAJA
ALOKASI WAKTI                 : 8 X 45 MENIT (4 kali pertemuan)

           
A.   KOMPETENSI INTI (KI)
KI. 1            : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran yang dianutnya
KI. 2            : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli dan percaya diri dalam   berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, tetangganya serta cinta tanah air.
KI. 3            : Memahami pengetahuan factual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba dan berdasarkan rsa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan tuhan dan kegiatannya dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah dan tempat bermain.
KI. 3            : Menyajikan pengetahuan  factual dan konseptual dan bahasa yang jelas, sistematis dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat dan dalam tindakan yang encerminkan perilaku anak yang beriman dan berakhlak mulia

B.   KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

NO
KOMPETENSI DASAR
NO
IND
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.1
Menyadari pentingnya ber-akhlakul karimah dalam pergaulan remaja


2.1
Membiasakan akhlak terpuji dalam pergaulan remaja


3.1
Memahami akhlak terpuji dalam pergaulan remaja
3.1.1
Menjelaskan cara membiasakan akhlak terpuji dalam pergaulan remaja
3.1.2
Menjelaskan cara menghindari perilaku negatif pergaulan remaja
3.1.3
Menjelaskan cara menerapkan akhlak terpuji  dalam pergaulan remaja
3.1.4
Menjelaskan kandungan ayat tentang akhlak terpuji bagi remaja
4.1
Menunjukkan contoh akhlak terpuji dalam pergaulan remaja
4.1.1
Menunjukkan perilaku terpuji dalam pergaulan remaja

C.      TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Peserta didik dapat menjelaskan cara membiasakan akhlak terpuji dalam pergaulan remaja dengan benar
2.      Peserta didik dapat menjelaskan cara menghindari perilaku negatif pergaulan remaja secara sistematis
3.      Peserta didik dapat menjelaskan cara menerapkan akhlak terpuji  dalam pergaulan remaja dengan benar
4.      Peserta didik dapat menjelaskan kandungan ayat tentang akhlak terpuji bagi remaja dengan benar
5.      Peserta didik dapat menunjukkan dan menerapkan perilaku terpuji dalam pergaulan remaja dengan penuh rasa tanggung jawab

D.     MATERI PEMBELAJARAN (Rincian Materi Pokok)
Pergaulan Remaja;  Bentuk dan Contoh Perilaku Akhlak Terpuji dalam Pergaulan Remaja; Menerapkan Akhlak Terpuji Pergaulan Remaja dalam Kehidupan Sehari-hari; Perilaku Pergaulan Remaja yang Negatif
E.      METODE PEMBELAJARAN (Rincian dari Kegiatan Pembelajaran)

1.      Model/Pendekatan  : Reading guide / scientific
2.      Metode                      : Ceramah,diskusi dan observasi
3.      Teknik                       : Kerja kelompok dan diskusi

F.      MEDIA PEMBELAJARAN
1.     Media                       : Laptop, Proyektor, papan tulis, Buku paket
2.     Alat/Bahan              : Laptop

G.       SUMBER BELAJAR
1.      Buku paket ‘ Meneladani Akhlak jilid 1.
2.      Internet
3.      Al Qur’an dan terjemahnya

H.    LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

1.            Pertemuan pertama: 2 X 45 menit

TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
ALOKASI WAKTU
KEG.
PENDAHULUAN


        Guru mengawali pembelajaran dengan mengucapkan salam dan berdoa bersama
        Guru menyapa siswa dan memperkenalkan diri
        Guru  memeriksa kehadiran siswa
        Guru memberikan gambaran singkat mengenai materi akhlak terpuji dan pergaulan remaja
        Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
        Guru menyampaikan langkah kegiatan literasi tentang pergaulan remaja kemudian membagi kelas kedalam 4 kelompok dengan tugas :
Kelompok 1 :  Memprosentasikan pengertian remaja, ciri-ciri psikologis dan fisik remaja.
Kelompok 2 : Memprosentasikan bentuk dan perilaku terpuji dalam pergaulan remaja
Kelompok 3 : Memprosentasikan nilai negative pergaulan remaja dalam fenomena kehidupan.
Kelompok 4 : Memprosentasikan cara menerapkan akhlak terpuji dalam pergaulan remaja.
10’
KEGIATAN INTI


Mengamati   :
        Peserta didik membaca dan mencermati materi pengertian remaja , ciri-ciri psikologis dan fisik remaja ; bentuk dan perilaku terpuji dalam pergaulan remaja
        Peserta didik mengamati teman kelasnya untuk menemukan ciri-ciri psikologis dan fisik remaja
        Peserta didik mencermati bentuk dan perilaku terpuji dalam pergaulan remaja berdasarkan pengalaman masing-masing.
Menanya     
        Peserta didik diberikan kesempatan untuk menanyakan perihal  yang kurang jelas mengenai materi yang telah dibaca dan pengalaman yang diamati.
        Peserta didik diberikan kesempatan untuk menjawab pertanyaan peserta didik yang lain
Mencoba
        Peserta didik berdiskusi dengan teman kelompok masing-masing untuk mendiskusikan pengertian remaja dan ciri-ciri psikologis dan fisik remaja dan bentuk perilaku terpuji dalam pergaulan remaja
Menalar :
        Peserta didik mengolah informasi dari hasil diskusi dengan teman kelompok terkait pengertian remaja dan ciri-ciri psikologis dan fisik remaja ; bentuk dan perilaku terpuji dalam pergaulan remaja yang mereka amati dalam pengalaman kehidupan masing-masing
Mengkomunikasikan:
        Perwakilan kelompok 1 dan kelompok 2 mempresentasikan secara bergantian mengenai  kesimpulan berdasarkan hasil temuan tentang materi  pengertian remaja dan ciri-ciri psikologis dan fisik remaja ; bentuk dan perilaku terpuji dalam pergaulan remaja
        Setiap kelompok yang melakukan prosentasi mengemukakan ciri-ciri psikologi dan fisik remaja berdasarkan hasil pengamatan langsungnya.
        Peserta lain memberikan masukan atas hasil prosentasi kelompok
        Kelompok pemateri melakukan konfirmasi terhadap pertanyaan dan masukan serta tanggapan dari kelompok lain.
70’
KEGIATAN PENUTUP


        Peserta didik dibimbing oleh guru untuk menyimpulkan materi
        Guru memberikan pertanyaan terkait ciri-ciri psikologi dan fisik remaja
        Peserta didik menyampaikan secara spontan ciri-ciri psikologi dan fisik remaja.
        Guru menyampaikan materi  untuk pertemuan berikutnya yaitu melanjutkan prosentasi kelompok 3 dan kelompok 4
        Guru menutup pembelajaran dengan doa dan salam.

10’

2.            Pertemuan ke dua puluh : 2 x 45 menit

TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
ALOKASI WAKTU
KEG.
PENDAHULUAN


        Guru mengawali pembelajaran dengan mengucapkan salam dan berdoa bersama
        Guru  memeriksa kehadiran siswa
        Guru mengaitkan materi pertemuan sebelumnya dengan materi yang akan dibahas pada pertemuan saat ini.
        Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
        Guru menyampaikan langkah kegiatan literasi tentang nilai negative pergaulan remaja dalam fenomena kehidupan dan cara menerapkan akhlak terpuji dalam pergaulan remaja.
10’
KEGIATAN INTI


Mengamati   :
        Peserta didik membaca dan mencermati materi nilai negative pergaulan remaja dalam fenomena kehidupan dan cara menerapkan akhlak terpuji dalam pergaulan remaja.
        Peserta didik mencermati nilai negative pergaulan remaja dalam fenomena kehidupan dan cara menerapkan akhlak terpuji dalam pergaulan remaja.
        Peserta didik mengamati nilai negative pergaulan remaja dalam fenomena kehidupan dan cara menerapkan akhlak terpuji dalam pergaulan remaja berdasarkan pengalaman masing-masing.
Menanya     
        Peserta didik diberikan kesempatan untuk menanyakan perihal  yang kurang jelas mengenai materi yang telah dibaca dan pengalaman yang diamati.
Mencoba
        Peserta didik lain diberi kesempatan untuk melakukan konfirmasi dan jawaban tentang nilai negative pergaulan remaja dalam fenomena kehidupan dan cara menerapkan akhlak terpuji dalam pergaulan remaja.
        Peserta didik berdiskusi dengan teman kelompok masing-masing untuk mendiskusikan terkait nilai negative pergaulan remaja dalam fenomena kehidupan dan cara menerapkan akhlak terpuji dalam pergaulan remaja.
Menalar :
        Peserta didik mengolah informasi dari hasil diskusi dengan teman kelompok terkait nilai negative pergaulan remaja dalam fenomena kehidupan dan cara menerapkan akhlak terpuji dalam pergaulan remaja.yang mereka amati dalam pengalaman kehidupan masing-masing
Mengkomunikasikan:
        Perwakilan kelompok 3 dan kelompok 4 mempresentasikan secara bergantian mengenai  kesimpulan berdasarkan hasil temuan tentang materi nilai negative pergaulan remaja dalam fenomena kehidupan dan cara menerapkan akhlak terpuji dalam pergaulan remaja.
        Setiap kelompok yang melakukan prosentasi mengemukakan nilai negative pergaulan remaja dalam fenomena kehidupan dan cara menerapkan akhlak terpuji dalam pergaulan remaja berdasarkan pengamatan langsungnya.
        Peserta lain memberikan masukan atas hasil prosentasi kelompok pemateri
        Kelompok pemateri melakukan konfirmasi terkait masukan dan pertanyaan peserta didik lain.
70’
KEGIATAN PENUTUP

        Peserta didik dibimbing oleh guru untuk menyimpulkan materi
        Guru memberikan pertanyaan terkait nilai negative pergaulan remaja dalam fenomena kehidupan dan cara menerapkan akhlak terpuji dalam pergaulan remaja
        Peserta didik menyampaiakan secara spontan nilai negative pergaulan remaja dalam fenomena kehidupan dan cara menerapkan akhlak terpuji dalam pergaulan remaja
        Guru menyampaikan materi  untuk pertemuan berikutnya yaitu melakukan pengamatan langsung terkait pergaulan remaja yang negative dan positif di daerah mamuju kemudian melaporkannya di depan kelas
        Guru menutup pembelajaran dengan doa dan salam.
10’

Pertemuan ke 3 ( 2 x 45 menit)

TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
ALOKASI WAKTU
KEG.
PENDAHULUAN


        Guru mengawali pembelajaran dengan mengucapkan salam dan berdoa bersama
        Guru  memeriksa kehadiran siswa
        Guru mengaitkan kegiatan pembelajaran pada pertemuan sebelumnya dengan pertemuan saat ini.
        Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
        Guru menyampaikan langkah kegiatan pelaporan hasil pengamatan terkait
10’
KEGIATAN INTI


Mengamati   :
        Peserta didik membaca dan mencermati hasil laporan masing-masing terkait nilai negative pergaulan remaja dalam fenomena kehidupan dan cara menerapkan akhlak terpuji dalam pergaulan remaja
Menanya     
        Peserta didik diberikan kesempatan untuk menanyakan perihal  yang kurang jelas terkait kegiatan pembelajaran dan materi pembelajaran.
Mencoba
        Guru melakukan konfirmasi dan jawaban terkait pertanyaan siswa .
        Peserta didik berdiskusi dengan teman kelompok masing-masing untuk membicarakan hasil pengamatan yang akan di laporkan didepan kelas
Menalar :
        Peserta didik mengolah informasi dari hasil diskusi dengan teman kelompok.
Mengkomunikasikan:
        Masing-masing perwakilan kelompok  melaporkan dan mempresentasikan secara bergantian mengenai  hasil pengamatan terhadap nilai negative pergaulan remaja dalam fenomena kehidupan dan cara menerapkan akhlak terpuji dalam pergaulan remaja
        Setiap kelompok yang melakukan prosentasi mengemukakan pengalaman pribadi tentang nilai negative pergaulan remaja yang pernah dilakukan kemudian dapat dihindari
        Peserta lain memberikan masukan atas hasil prosentasi kelompok pemateri
        Kelompok pemateri melakukan konfirmasi terkait masukan dan pertanyaan peserta didik lain.
70’
KEGIATAN PENUTUP


        Peserta didik dibimbing oleh guru untuk menyimpulkan materi
        Guru memberikan pertanyaan terkait nilai negative pergaulan remaja dalam fenomena kehidupan dan cara menerapkan akhlak terpuji dalam pergaulan remaja
        Peserta didik menyampaiakan secara spontan nilai negative pergaulan remaja dalam fenomena kehidupan dan cara menerapkan akhlak terpuji dalam pergaulan remaja
        Guru menyampaikan kegiatan pembelajaran pada pertemuan selanjutnya yaitu ulangan harian pertama
        Guru menutup pembelajaran dengan doa dan salam.
10’


Pertemuan ke 4 ( 2 x 45 menit)

Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuluan
          Guru mengucapkan salam dan berdoa bersama
          Guru  memeriksa kehadiran siswa
          Guru menyampaikan kegiatan pembelajaran
          Guru menyampaikan tata tertib dalam ulangan harian

10 menit
Kegiatan Inti
         Guru membagikan soal ulangan harian sebanyak 
          Guru memberikan kiesempatan kepada siswa dalam menjawab dengan alokasi waktu 70 menit
          Setelah waktu pengerjaan soal selesai, guru mempersilahkan kepada  siswa untuk mengumpulkan lembar jawaban dan lembar soal.
          Seluruh siswa kembali masuk kedalam kelas
70
Penutup
          Guru menyampaikan materi  untuk pertemuan berikutnya
         Guru menutup pembelajaran dengan doa dan salam.
10


Mengetahui
Mamuju,  17 Juli 2017
Kepala MAN Mamuju
Guru Mata Pelajaran

Dra. Wahdia
Hj.Andi Kurnia Muin,S.Pd.I
Nip :196712311994012001
Nip. 198211012006042002


Penilaian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SEOLAH AMNESIA

Pernah, dia menulis banyak hal Pernah, begitu mudah baginya menemukan ispirasi  untuk menuliskan hal yang positif Saat ini  Tak akan pernah ...