Kamis, 19 Maret 2015

Perintah Al Qur'an untuk Amar Ma'ruf dan Nahyi Mungkar

Assalamu Alaikum warah matullahi wabarokatuh.
Saudaraku seagama....

Dalam terminologi islam,  aktivitas untuk menebar kebaikan dan mencegah kemungkaran disebut " "AMAR MA'RUF DAN NAHYI MUNGKAR". Ini adalah kewajiban umat manusia baik itu dilakukan sendiri-sendiri atau pun berkelompok dalam sebuah lembaga non formal maupun formal  atau ditingkat pemerintah.
 Dalam Al-Qur'an, Allah SWT. memerintahkan kepada orang mukmin untuk memerintah/ menyeru kepada kebaikan dan mencegah kejahatan/ kemungkaran. Perintah ini di terangkan dalam ayat yang menjadi prasyarat kualitas ummah.

" Kamu ( umat islam ) adalah umat terbaik yang dilahirkan untuk manusia, ( karena kamu ) menyuruh (berbuat) yang ma'ruf, dan mencegah dari yang mungkar.," ( QS.Ali Imran : 110 )

Dalam ayat lain allah berfirman
" Dan orang-orang yang beriman, laki-laki dan perempuan, sebagian mereka menjadi penolong bagi sebagian yang lain. Mereka menyuruh (berbuat) yang ma'ruf dan mencegah dari yang mungkar, melaksanakan sholat, menunaikan zakat, dan taat kepada Allah SWT. dan Rasul-Nya. Mereka akan diberi rakhmat oleh Allah SWT. Sungguh , Allah Mahaperkasa, Mahabijaksana "
( QS.At-Taubah : 71 )

Kedua ayat tersebut diatas jelas sekali diakatakan bahwa kaum muslim adalah makhluk Allah yang terpilih untuk menyebar kebaikan kepada saudara-saudaranya . Dan mencegah terjadinya kemungkaran
Dalam konsep dakwah yang berarti "mengajak", berarti dalam melakukan dakwah, tidak harus dilakukan didepan jemaah yang banyak, atau diatas mimbar-mimbar masjid, namun berdakwah bisa silakukan dimana saja dan kapan saja. Boleh kita mulai berdakwah kepada anak-anak kita, saudara, orang tua, dan para sahabat serta orang-orang yang kita cintai, kemudian kita tingkatkan ketingkatan yg lebih banyak lagi.

So, Marilah kita saling mengajak sejak dini.
Wallahul muwaffiq ilaa aqwamittarik . wassalamu alaikum wr.wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SEOLAH AMNESIA

Pernah, dia menulis banyak hal Pernah, begitu mudah baginya menemukan ispirasi  untuk menuliskan hal yang positif Saat ini  Tak akan pernah ...