Jumat, 20 Maret 2015

Keyakinan, doktrin dan bid'ah khawarij

Islam adalah agama seimbang dan moderat.Allah meyebutkan hal ini dalam Al Qur'an surah Al Baqarah ayat 143 ," Dan demikian pula kami telah menjadikan kamu (umat Islam) 'umat pertengahan'"



Beberapa orang menerjemahkan kata Ummatan Wasathan sebagai umat pertengaha, pereantara atau bangsa yang netral. Namun fakta-faktanya, kata ini bermakna tidak berlebih-lebihan ( modert ), seimbang dan setimbang.Kesederhanaannya nampak dalam doktrin dan akhlaq. itulahciri utama islam.

Mereka menjauhkan diri dari sikap moderat telah menjauh dari semangat islam sebenarnya . Sepanjang zaman akan muncul kelompok-kelompok yang berhaluan ekstrim . Sebagai konsekwensinya mereka akan dijauhi umat, meski secara lahirian menampilkan amalan Islam dan taat dalam beragama. Contoh kelompok paling kentara dalam hal ini adalah khawarij 



Untuk pertama kalinya khawarij muncul sejak zaman Rasulullah saw. Kemudian ide mereka ini menemukan momentumnyadi zaman 'Utsman bin 'Affan ra. sampai di zaman Ali bin Abi Thalib ra. Pada zaman Ali ra., mereka menjadi kelompok yang sangat kuat dan terorganisir. Allah swt. menyinggung mereka dalam Al-qur'an dan bahkan banyak hadits yang meriwayatkan penjelasan mengenai simbol, keyakinan, doktrin dan praktik keagamaan mereka.



Secara umum khawarij melakukan aksi-aksi teroristik kemudian mengklaim tindakannya sebagai amaliyah Islam.Hanya karena argumen keagamaan mereka yang terlampau ekstrim dan munafik, kemudian mereka menghalalkan pertumpahan darah dikalangan kaum muslimin.



Sumber : Fatwah tentang terorisme dan bom bunuh diri

               Dr.Muhammad Tahir-Ul-Qari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SEOLAH AMNESIA

Pernah, dia menulis banyak hal Pernah, begitu mudah baginya menemukan ispirasi  untuk menuliskan hal yang positif Saat ini  Tak akan pernah ...